Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Part 2)
Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Part 2)

Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Part 2)

Selanjutnya... Cara menghasilkan uang dari blog :

4.   Paid for Review

Paid for review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana anda mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog anda. Jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Kegiatan menulis artikel tentang ulasan produk biasanya disebut dengan Paid for Review. Banyak yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Satu artikel review biasanya dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, itu sih tergantung negosiasi kita.

Tidaklah mudah mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Biasanya advertiserlah yang menghubungi anda melalui email. Jika tak kunjung mendapatkan advertiser, anda bisa mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork. Beberapa bloger sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork, dan biasanya pihak advertiser mau membayar mahal untuk sebuah artikel dari publisher mereka.

Contoh Paid for Review : Saat ini sering kita bermunculan blog tentang make up dan cara berdandan, banyak dari brand kosmetik yang ingin meluncurkan produk terbaru meminta ulasan produk mereka kepada blogger yang berkaitan dengan make up. Sering kali contoh paket produk langsung dikirim ke blogger untuk di review.

 

5.  CPA Marketing

CPA adalah bisnis dimana anda dibayar berdasarkan tindakan / apa yang diperintahkan oleh penyedia layanan tersebut. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik yang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rata-rata komisinya besar. CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan.

 

 

Apa saja action/tindakan yang dimaksud itu?

  • Mengisi form pendaftaran
  • Mendaftarkan alamat email
  • Memberikan informasi kartu kredit
  • Mengunduh file
  • Subscribe/berlangganan terhadap suatu layanan
  • Mengisi Survey
  • Menginstall software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)

Dalam CPA marketing, anda akan “merayu” pengunjung untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu. Setiap kali pengunjung melakukan ‘tindakan’ yang dimaksud atau dengan kata lain anda berhasil membujuk pengujung, maka anda akan mendapatkan komisi.

Komisi yang anda dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan lebih. Semakin sulit tindakan yang diminta, semakin tinggi pula komisi yang diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil daripada informasi kartu kredit atau mengisi survey.

CPA marketing tidak terlepas dari sebuah proses bernama optimasi. Tugas pokok dari seorang CPA marketer adalah mempromosikan offers/tawaran dan mengoptimasi kampanye (campaign) promosinya. Optimasi harus dilakukan secara terus-menerus supaya selalu mendapatkan hasil terbaik. Ada tiga elemen utama dalam sebuah proses CPA: Iklan, Landing Page dan Offer. Ketiga elemen ini masing-masing harus dioptimasi seiring proses berpromosi. Jika anda tidak menggunakan paid traffic maka tidak perlu pusing dengan optimasi iklan.